Diberitahukan kepada seluruh Peserta Didik SMA Negeri 20 Surabaya pukul masuk kelas 06.30 wib diharapkan 15 menit sudah berada di lingkungan sekolah untuk menghindari kemancetan dan keterlambatan berangkatlah agak pagi/awal. Jangan lupa kelengkapan artibut sekolah dan sepatu warna hitam sempurna, usahakan sarapan pagi sebelum berangkat sekolah. Hati -hati dijalan. Terima kasih atas kerjasamanya

Minggu, 02 Januari 2011

Analisis BK Tahun 2007/2008


EVALUASI, ANALISIS DAN TINDAK LANJUT
PELAKSANAAN PROGRAM BIMBINGAN DAN KONSELING
TAHUN PELAJARAN 2007 – 2008




No.
Kegiatan Layanan BK
Deskripsi Hasil Evaluasi
Analisis
Tindak Lanjut
1.
Kegiatan layanan pengumpulan data
-   Pengumpulan data telah dilaksanakan dengan baik dan lancar
-   Pengolahan data telah dilaksanakan
-   Hasil pengolahan data dapat kami sajikan dalam bentuk tabel/ grafik
-        Pengumpulan dan pengolahan data terlaksana dengan baik
-     Perlu ditingkatkan secara terus menerus
2.
Kegiatan layanan orientasi
-   Kegiatan orientasi dilaksanakan pada awal tahun pelajaran
-   Tujuan utama dari kegiatan ini agar seluruh siswa dapat mengetahui seluruh sarana yang ada di SMA Negeri 20 Surabaya dan dapat memanfaatkannya secara maksimal sesuai dengan peruntukannya
-        Masih ada sebagian kecil siswa yang belum dapat memanfaatkan sarana sekolah dengan baik.
-     Perlu ditindaklanjuti dengan layanan bimbingan kelompok
3.
Kegiatan layanan informasi
-   Kegiatan layanan informasi dilaksanakan secara rutin secara klasikal
-   Setiap kelas mendapat layanan informasi 1 jam/ minggu (masuk jam efektif) baik kelas X, XI maupun kelas XII
-        Siswa dapat menerima berbagai informasi secara luas sebagai bekal untuk pengembangan diri dan mempersiapkan karir
-     Siswa yang kurang antusias, ditindaklanjuti dengan layanan konseling individual/ kelompok
4.
Kegiatan layanan penempatan dan penyaluran
-   Kegiatan penempatan meliputi penempatan siswa di kelas/ pembagian kelas, pengaturan tempat duduk siswa
-   Sedangkan kegiatan penyaluran dilaksanakan meliputi :
1.    Penyaluran siswa ke program khusus/ penjurusan
2.    Penyaluran siswa dalam pemilihan kegiatan ekstra kurikuler
-        Banyak siswa yang disinyalir menentukan pilihan tidak didasarkan pada minat dan kemampuannya, tapi lebih dipengaruhi oleh pendapat temannya
-     Siswa yang demikian ditindaklanjuti dengan pelayanan bimbingan individual, konseling individual/ kelompok

No.
Kegiatan Layanan BK
Deskripsi Hasil Evaluasi
Analisis
Tindak Lanjut


3.     Penyaluran siswa dalam pemilihan klub science yang ditawarkan sekolah
4.     Penyaluran siswa ke Perguruan Tinggi, baik melalui PMDK maupun SNM-PTN
5.     Telah disalurkan siswa kelas XII ke PTN melalui, PMDK :
-        ITS             =  11 siswa
-        UNAIR        =  21 siswa
-        UNESA       =  38 siswa
-        UM             =    3 siswa
-        UNIBRAW   =    5 siswa
-        UNS           =    1 siswa
-        UNEJ          =    1 siswa
6.     Sedangkan siswa kelas XII yang disalurkan ke PTN melalui pendaftaran SNM-PTN secara kolektif adalah :
-        Kelompok IPC      =                          15 siswa
-        Kelompok IPA      =                          60 siswa
-        Kelompok IPS      =                          72 siswa


5.
Kegiatan layanan konseling individual
-   Kegiatan layanan ini hanya kami laksanakan terhadap siswa yang memiliki masalah sangat kompleks dan siswa tersebut sangat membutuhkan bantuan dalam upaya mengatasi masalahnya.
-   Kegiatan ini jarang kami lakukan karena rata-rata masalah yang dihadapi siswa tidak terlalu rumit sehingga dengan layanan
-        Secara khusus siswa yang memiliki masalah khusus selama Semester Gasal yang kami layani dengan konseling individual sebanyak ± 6 kasus
-     Kami berusaha meningkatkan keterampilan menyelenggarakan konseling individual
No.
Kegiatan Layanan BK
Deskripsi Hasil Evaluasi
Analisis
Tindak Lanjut


-   Kegiatan ini jarang kami lakukan karena rata-rata masalah yang dihadapi siswa tidak terlalu rumit sehingga dengan layanan bimbingan pribadi, studi kasus, bimbingan kelompok, para siswa yang bermasalah sudah mampu mengatasi masalahnya dengan baik
-   Untuk layanan konseling individual kami sangat membutuhkan ruang khusus konseling


6.
Kegiatan layanan konseling kelompok
-   Kegiatan ini lebih sering kami laksanakan dibandingkan dengan layanan konseling individual
-   Dengan konseling kelompok, layanan mengentaskan/ membantu siswa lebih efektif dan lebih strategis, karena beberapa siswa yang memiliki masalah sejenis bisa saling sharing dengan sesamanya dan saling memiliki/ menentukan alternatif-alternatif pemecahan masalah secara bersama-sama
-        Bagi siswa yang sudah ditangani melalui konseling kelompok ternyata belum mampu mengatasi masalahnya, kami bantu dengan menggunakan teknik konseling individual
-     Siswa yang telah berhasil mengatasi masalahnya, dilakukan evaluasi lebih lanjut, dan siswa yang belum mampu mengatasi masalahnya akan diberikan bantuan melalui layanan konseling individual
7.
Kegiatan layanan pembelajaran
-   Kegiatan ini kami lakukan untuk membantu siswa yang mengalami/ memiliki masalah belajar (prestasi rendah, minat belajar rendah, motivasi berprestasi rendah, dan kurang mampu adaptasi dengan guru mata pelajaran)
-        Dalam pelayanan ini kami bekerja sama dengan orang tua, guru mata pelajaran yang bersangkutan
-     Selain itu, tindak lanjut layanan ini adalah observasi dan pembinaan secara terus menerus
8.
Kegiatan layanan bimbingan kelompok
-   Kegiatan ini kami memanfaatkan untuk memberikan pemahaman dan penekanan terhadap suatu masalah yang harus dipahami/ dilakukan oleh siswa
-   Selama Semester Gasal layanan ini kami lakukan sebanyak 8 kali dan Semester Genap kami lakukan sebanyak 6 kali
-        Perlu kita tingkatkan lebih baik lagi
-     Kita tingkatkan mutu layanan bimbingan kelompok agar supaya lebih efektif
No.
Kegiatan Layanan BK
Deskripsi Hasil Evaluasi
Analisis
Tindak Lanjut
9.
Kegiatan studi kasus
-   Kegiatan ini paling sering kami laksanakan
-   Selama Semester Gasal tercatat 36 kasus dan selama Semester Genap tercatat sebanyak 25 kasus
-        Perlu ditingkatkan keefektifannya
-     Bagi siswa yang belum mampu memperbaiki dirinya, kami lakukan pembinaan lebih lanjut
10.
Kegiatan kunjungan rumah
-   Kegiatan ini kami lakukan bila kami membutuhkan informasi lebih lengkap tentang latar belakang keluarga, sosial ekonomi dari siswa tertentu
-   Kunjungan rumah selama Semester Gasal kami laksanakan sebanyak 5 kali dan pada Semester Genap sebanyak 3 kali
-        Kegiatan kunjungan rumah yang kami lakukan selama ini sangat bermanfaat bagi siswa
-     Tetap diperlukan
11.
Kegiatan alih tangan kasus
-   Selama tahun pelajaran 2007-2008 kegiatan alih tangan kasus kami laksanakan sebanyak 2 kali, karena siswa tersebut bersama dengan orang tuanya sangat membutuhkan saran dan masukan dari psikolog.
-        Kegiatan ini atas saran dari guru pembimbing dan disetujui oleh kedua belah pihak (siswa dan orang tuanya)
-     Ke depan perlu ditingkatkan lagi


                                                                                                                    Surabaya, 18 Juni 2008
Mengetahui,
Kepala SMA Negeri 20 Surabaya                                   Guru BK





Hj. SRI WIDIATI, S.Pd., M.M                                      Drs. MOCH. CHAERUN
NIP.  131 559 498                                                      NIP. 131 633 997

0 komentar:

sealkazzsoftware.blogspot.com resepkuekeringku.com

Posting Komentar