EVALUASI, ANALISIS DAN TINDAK LANJUT
PELAKSANAAN PROGRAM BIMBINGAN DAN KONSELING
TAHUN PELAJARAN 2007 – 2008
No.
|
Kegiatan Layanan BK
|
Deskripsi Hasil Evaluasi
|
Analisis
|
Tindak Lanjut
|
1.
|
Kegiatan
layanan pengumpulan data
|
-
Pengumpulan data telah
dilaksanakan dengan baik dan lancar
-
Pengolahan data telah
dilaksanakan
-
Hasil pengolahan data
dapat kami sajikan dalam bentuk tabel/ grafik
|
-
Pengumpulan dan pengolahan
data terlaksana dengan baik
|
-
Perlu ditingkatkan secara
terus menerus
|
2.
|
Kegiatan
layanan orientasi
|
-
Kegiatan orientasi
dilaksanakan pada awal tahun pelajaran
-
Tujuan utama dari kegiatan
ini agar seluruh siswa dapat mengetahui seluruh sarana yang ada di SMA Negeri
20 Surabaya dan dapat memanfaatkannya secara maksimal sesuai dengan
peruntukannya
|
-
Masih ada sebagian kecil
siswa yang belum dapat memanfaatkan sarana sekolah dengan baik.
|
-
Perlu ditindaklanjuti
dengan layanan bimbingan kelompok
|
3.
|
Kegiatan
layanan informasi
|
-
Kegiatan layanan informasi
dilaksanakan secara rutin secara klasikal
-
Setiap kelas mendapat
layanan informasi 1 jam/ minggu (masuk jam efektif) baik kelas X, XI maupun
kelas XII
|
-
Siswa dapat menerima
berbagai informasi secara luas sebagai bekal untuk pengembangan diri dan
mempersiapkan karir
|
-
Siswa yang kurang
antusias, ditindaklanjuti dengan layanan konseling individual/ kelompok
|
4.
|
Kegiatan
layanan penempatan dan penyaluran
|
-
Kegiatan penempatan
meliputi penempatan siswa di kelas/ pembagian kelas, pengaturan tempat duduk
siswa
-
Sedangkan kegiatan
penyaluran dilaksanakan meliputi :
1.
Penyaluran siswa ke
program khusus/ penjurusan
2.
Penyaluran siswa dalam
pemilihan kegiatan ekstra kurikuler
|
-
Banyak siswa yang
disinyalir menentukan pilihan tidak didasarkan pada minat dan kemampuannya,
tapi lebih dipengaruhi oleh pendapat temannya
|
-
Siswa yang demikian
ditindaklanjuti dengan pelayanan bimbingan individual, konseling individual/
kelompok
|
No.
|
Kegiatan Layanan BK
|
Deskripsi Hasil Evaluasi
|
Analisis
|
Tindak Lanjut
|
3.
Penyaluran siswa dalam
pemilihan klub science yang ditawarkan sekolah
4.
Penyaluran siswa ke
Perguruan Tinggi, baik melalui PMDK maupun SNM-PTN
5.
Telah disalurkan siswa
kelas XII ke PTN melalui, PMDK :
-
ITS = 11
siswa
-
UNAIR = 21
siswa
-
UNESA = 38
siswa
-
UM = 3 siswa
-
UNIBRAW = 5 siswa
-
UNS = 1 siswa
-
UNEJ = 1 siswa
6.
Sedangkan siswa kelas XII
yang disalurkan ke PTN melalui pendaftaran SNM-PTN secara kolektif adalah :
-
Kelompok IPC = 15
siswa
-
Kelompok IPA = 60
siswa
-
Kelompok IPS = 72
siswa
|
||||
5.
|
Kegiatan
layanan konseling individual
|
-
Kegiatan layanan ini hanya
kami laksanakan terhadap siswa yang memiliki masalah sangat kompleks dan
siswa tersebut sangat membutuhkan bantuan dalam upaya mengatasi masalahnya.
-
Kegiatan ini jarang kami
lakukan karena rata-rata masalah yang dihadapi siswa tidak terlalu rumit
sehingga dengan layanan
|
-
Secara khusus siswa yang
memiliki masalah khusus selama Semester Gasal yang kami layani dengan
konseling individual sebanyak ± 6 kasus
|
-
Kami berusaha meningkatkan
keterampilan menyelenggarakan konseling individual
|
No.
|
Kegiatan Layanan BK
|
Deskripsi Hasil Evaluasi
|
Analisis
|
Tindak Lanjut
|
-
Kegiatan ini jarang kami
lakukan karena rata-rata masalah yang dihadapi siswa tidak terlalu rumit
sehingga dengan layanan bimbingan pribadi, studi kasus, bimbingan kelompok,
para siswa yang bermasalah sudah mampu mengatasi masalahnya dengan baik
-
Untuk layanan konseling
individual kami sangat membutuhkan ruang khusus konseling
|
||||
6.
|
Kegiatan
layanan konseling kelompok
|
-
Kegiatan ini lebih sering
kami laksanakan dibandingkan dengan layanan konseling individual
-
Dengan konseling kelompok,
layanan mengentaskan/ membantu siswa lebih efektif dan lebih strategis,
karena beberapa siswa yang memiliki masalah sejenis bisa saling sharing
dengan sesamanya dan saling memiliki/ menentukan alternatif-alternatif
pemecahan masalah secara bersama-sama
|
-
Bagi siswa yang sudah
ditangani melalui konseling kelompok ternyata belum mampu mengatasi
masalahnya, kami bantu dengan menggunakan teknik konseling individual
|
-
Siswa yang telah berhasil
mengatasi masalahnya, dilakukan evaluasi lebih lanjut, dan siswa yang belum
mampu mengatasi masalahnya akan diberikan bantuan melalui layanan konseling
individual
|
7.
|
Kegiatan
layanan pembelajaran
|
-
Kegiatan ini kami lakukan
untuk membantu siswa yang mengalami/ memiliki masalah belajar (prestasi
rendah, minat belajar rendah, motivasi berprestasi rendah, dan kurang mampu
adaptasi dengan guru mata pelajaran)
|
-
Dalam pelayanan ini kami
bekerja sama dengan orang tua, guru mata pelajaran yang bersangkutan
|
-
Selain itu, tindak lanjut
layanan ini adalah observasi dan pembinaan secara terus menerus
|
8.
|
Kegiatan
layanan bimbingan kelompok
|
-
Kegiatan ini kami
memanfaatkan untuk memberikan pemahaman dan penekanan terhadap suatu masalah
yang harus dipahami/ dilakukan oleh siswa
-
Selama Semester Gasal
layanan ini kami lakukan sebanyak 8 kali dan Semester Genap kami lakukan
sebanyak 6 kali
|
-
Perlu kita tingkatkan
lebih baik lagi
|
-
Kita tingkatkan mutu
layanan bimbingan kelompok agar supaya lebih efektif
|
No.
|
Kegiatan Layanan BK
|
Deskripsi Hasil Evaluasi
|
Analisis
|
Tindak Lanjut
|
9.
|
Kegiatan
studi kasus
|
-
Kegiatan ini paling sering
kami laksanakan
-
Selama Semester Gasal
tercatat 36 kasus dan selama Semester Genap tercatat sebanyak 25 kasus
|
-
Perlu ditingkatkan
keefektifannya
|
-
Bagi siswa yang belum
mampu memperbaiki dirinya, kami lakukan pembinaan lebih lanjut
|
10.
|
Kegiatan
kunjungan rumah
|
-
Kegiatan ini kami lakukan
bila kami membutuhkan informasi lebih lengkap tentang latar belakang
keluarga, sosial ekonomi dari siswa tertentu
-
Kunjungan rumah selama
Semester Gasal kami laksanakan sebanyak 5 kali dan pada Semester Genap
sebanyak 3 kali
|
-
Kegiatan kunjungan rumah
yang kami lakukan selama ini sangat bermanfaat bagi siswa
|
-
Tetap diperlukan
|
11.
|
Kegiatan
alih tangan kasus
|
-
Selama tahun pelajaran
2007-2008 kegiatan alih tangan kasus kami laksanakan sebanyak 2 kali, karena
siswa tersebut bersama dengan orang tuanya sangat membutuhkan saran dan
masukan dari psikolog.
|
-
Kegiatan ini atas saran
dari guru pembimbing dan disetujui oleh kedua belah pihak (siswa dan orang
tuanya)
|
-
Ke depan perlu
ditingkatkan lagi
|
Surabaya, 18 Juni 2008
Mengetahui,
Kepala
SMA Negeri 20 Surabaya Guru
BK
Hj. SRI WIDIATI, S.Pd., M.M Drs.
MOCH. CHAERUN
NIP. 131 559 498 NIP.
131 633 997
0 komentar:
Posting Komentar